Wednesday, 25 February 2015

Pengertian Perbankan Atau Bank

Bank ialah sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan, umumnya memiliki wewenang dalam menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau banknote. Kata bank berasa dari bahasa Itali yaitu banque atau banca yang artinya tempat penukaran uang. Namun dalam undang – undang perbankan, bank ialah lembaga yang menghipun dana dari masyarakat dalam hal menyimpan dan menyalurkannya lagi ke masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya untuk meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.


Bank pertama kali didirikan dalam bentuk seperti sebuah firma pada umumnya pada tahun 1690, pada saat kerajaan Inggris berkemauan merencanakan membangun kembali kekuatan armada lautnya untuk bersaing dengan kekuatan armada laut Perancis . akan tetapi pemerintahan Inggris saat itu tidak mempunyai kemampuan pendanaan kemudian berdasarkan gagasan William Paterson yang kemudian oleh Charles Montagu direalisasikan dengan membentuk sebuah lembaga intermediasi keuangan yang akhirnya dapat memenuhi dana pembiayaan tersebut hanya dalam waktu dua belas hari.

Usaha perbankan meliputi tiga kegiatan yakni :


a.       Menghipun Dana


Kegiatan menghimpun dana, berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, tabungan, dan deposito. Biasanya sambil diberikan balas jasa yang menarik seperti, bunga dan hadiah sebagai rangsangan bagi masyarakat.


b.      Menyalurkan Dana


Kegiatan menyalurkan dana, berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat.


c.       Meberikan Jasa Bank Lainnya


Sedangkan jasa-jasa perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut.


Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupakan kegiatan pokok bank sedangkan memberikan jasa bank lainnya hanya kegiatan pendukung. Semua kegiatan diatas itu sudah ditulis didalam UU No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang perbankan. Berikut ini adalah beberapa manfaat perbankan dalam kehidupan :


1.       Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement).

2.       Sebagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.

3.       Informasi harga, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).

4.       Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.

5.       Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang.

Itulah sedikit penjelasan mengenai perbankan yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua terima kasih.

Produk Dan Layanan Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu Bank terbesar di Indonesia, produk dan layanan Mandiri telah banyak diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam urursan banking dan kredibitas bank mandiri sudah tidak diragukan lagi. Mandiri ingin menjadi bank yang dipercaya dan terdepan karena itu setiap produk bank mandiri selalu didampingi dengan fitur – fitur premium yang didukung dengan layanan professional dan prima yang berbasis internet juga produk unggulan yang pro rakyat, dalam memberikan kemudahan transaksi banking, memajukan usaha Anda, merencanakan masa depan serta dapat memenuhi apapun keinganan Anda dalam urusan banking. Dan berikut ini adalah produk – produk unggulan dari bank mandiri, diantaranya :
 
1.       Mandiri KTA
Mandiri KTA atau Mandiri Kredit Tanda Agunan merupakan salah satu produk unggulan mandiri. Produk ini di buat untuk masyarakat yang membutuhkan layanan kredit dengan cicilan yang ringan disertai limit kredit yang cukup besar yaitu hingga 200 juta rupiah pinjaman. Kelebihan lainnya dari produk ini yakni tidak adanya jaminan atau perlindungan asuransi jiwa.
 
2.       Mandiri KPR
 Mandiri KPR
Mandiri KPR atau Mandiri Kredit Pemilikan Rumah adalah produk Mandiri Kredit Konsumer yang diperuntukan bagi nasabah perorangan dalam keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dimana pembeliannya langsung dari developer maupun non developer. Keunggulan dari produk ini ialah banyaknya ragam fitur yang bisa dipiling dengan keringanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda tentunya. Selain itu nasabah yang membeli dari developer yang sudah bekerja sama dengan pihak bank mandiri, biasanya dalam mengambil KPR Mandiri akan mendapat diskkon atau promo cicilan. Jika kita bandingkan dengan produk yang sama dari bank berbeda, saat ini bunga yang diberikan oleh bank mandiri itu adalah paling rendah yaitu 6,75%.
 
3.       Mandiri Tabungan
http://digitallmoney.blogspot.com/2015/02/produk-dan-layanan-mandiri.html
Mandiri tabungan merupakan salah satu produk yang memiliki banyak kemudahan, fasilitas, dan keuntungan diantaranya :
 
a.       Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet, dan Mandiri Call memberikan kemudahan dalam aktifitas banking 24 jam sehingga waktu dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin.
b.      Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi yang tidak dapat bertransaksi pada hari kerja karena berbagai kesibukan.
c.        Layanan autodebet membantu melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.
d.       Layanan Automatic Fund Transfer (AFT) membantu dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan.
e.      Dengan setoran awal hanya Rp. 500 ribu Anda sudah mendapatkan Mandiri Debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi ATM, berbelanja, dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri. Keuntungan lainnya adalah otomatis Anda langsung terdaftar dalam program undian berhadiah Mandiri Fiesta yang memberikan hadiah-hadiah terbesar. Saat ini Mandiri Tabungan menyelenggarakan program gratis 1 liter pertamax tiap hari dengan 5 fiestapoin. 

4.       Mandiri Tabungan Rencana
Guna mempersiapkan masa dengan baik, Anda dapat memanfaatkan keuntungan dan kelebihan Mandiri Tabungan Rencana. Mandiri Tabungan Rencana merupakan tabungan dengan setoran mulai dari Rp. 100 ribu atau USD 10,- per bulan dalam jangka waktu fleksibel (1 - 20 tahun). Kelebihan Mandiri Tabungan Rencana yaitu Anda dapat menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran, bebas biaya administrasi bulanan, mendapatkan bunga diatas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan, serta memberikan ekstra perlindungan Asuransi gratis hingga Rp. 5 juta atau USD 500,- per bulan. Persyaratan pokok membuka Mandiri Tabungan Rencana yaitu memiliki rekening sumber berupa Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
 
5.       Mandiri Kartu Kredit
Mandiri kartu kredit memberi pilihan terbaik kepada Anda dalam pembayaran transaksi pembelanjaan atau penarikan tunai di seluruh merchant berlogo Visa atau ATM berlogo Plus untuk mandiri kartu kredit visa dan yang berlogo MasterCard (maestro®/Cirrus®) untuk mandiri kartu kredit Mastercard. Mandiri kartu kredit memberi kebebasan dalam mengekspresikan gaya hidup Anda dengan memilih Mandiri kartu kredit berlisensi Visa dan atau MasterCard. Disamping mempunyai design keren dan unik, setiap kartu kredit Mandiri juga memiliki keunggulan serta banyak memberikan benefit dan kejutan berupa program-program diskon sampai dengan 50 % up dan hadiah-hadiah menarik pada item-item promo.
Itulah beberapa produk dan layanan mandiri, hingga kini aktivitas banking Bank Mandiri semakin tumbuh, hal ini karena Mandiri telah didukung oleh 1600 kantor cabang, lebih dari 10.300 ATM Mandiri, 26 ribu ATM Bersama, 23.600 ATM LINK, 31.700 ATM Prima, dan 1,7 juta ATM berlogo VISA di seluruh dunia.

Tuesday, 24 February 2015

Produk dan Layanan BRI

BRI / Bank Rakyat Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan yang memiliki tujuan untuk menjadi Bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Seperti visinya BRI kini sudah memiliki nasabah sebanyak 52 juta lebih di seluruh Indonesia. Hingga kini BRI terus meningkatkan kinerja, layanan, dan produk demi mempermudah transaksi nasabah. Berikut ini adalah produk – produk yang diberikan oleh BRI :
1.      Produk Simpanan Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Beberapa produk simpanan BRI sebagai bentuk layanan publik antara lain Tabungan BRI, Deposito BRI, dan Giro BRI.
2.      Tabungan BRI

Fasilitas Tabungan BRI terdidi dari beberapa produk, antara lain:
a.       Tabungan BritAma


Produk tabungan ini didukung dengan fasilitas e-banking dan sistem real time online. Dengan fasilitas tersebut, nasabah dapat melakukan transaksi tanpa mengenal ruang dan waktu. Artinya dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
b.      Simpedes


Produk dengan mata uang rupiah. Pelayanan simpedes dapat dilakukan di berbagai kantor BRI, baik Kantor Cabang Khusus BRI, Kanca BRI, KCP BRI, BRI Unit, maupun Teras BRI. Jumlah setoran dan pengambilan juga tidak dibatasi. Program ini tentu sangat membantu masyarakat pedesaan yang memiliki keterbatasan dalam mengakses bank.
c.       Simpedes TKI

Produk ini diselenggarakan khusus untuk TKI yang bekerja di luar negeri, sehingga TKI dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah, termasuk untuk menampung dan menyalurkan gaji mereka.
d.      Tabungan Haji


Produk ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji di tanah suci. 

Fasilitas produk ini hampir sama dengan Tabungan BritAma, hanya saja mata uang yang digunakan adalah UD Dolla. Bank BRI menyelenggarakan produk ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menyimpan dananya dalam mata uang asing.
f.        BritAma Bisnis


Fasilitas produk ini sangat luas, dengan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi, termasuk dalam pencatatan atau pelaporannya, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis nasabah.
g.       BritAma Rencana


Tabungan ini merupakan investasi dengan setoran tetap setiap bulannya serta fasilitas asuransi jiwa bagi nasabah. Boleh dibilang tabungan ini merupakan produk yang cocok untuk karyawan yang ingin menabung untuk hari tuanya.
h.      BritAma Valas


Produk yang dikeluarkan oleh Bank BRI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menyimpan dananya dalam mata uang asing. Tersedia lima jenis mata uang dengan nilai tukar kopetitif, yaitu USD, AUD, SGD, CNY, dan EUR.
i.        BritAma Junio


Yaitu produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank BRI dengan sasaran penabung anak-anak. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik bagi anak-anak.
j.        Tabunganku


Produk tabungan perorangan dengan berbagai kemudahan persyaratannya. Produk ini juga dikeluarkan oleh bank-bank lain di Indonesia untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya menabung bagi masyarakat.
3.      Deposito BRI


Terdiri dari tiga produk utama, yaitu Deposito Rupiah, Deposito Valas, dan Deposito On Call (DOC) BRI. Bank BRI mengeluarkan produk DOC dengan fasilitas invesment gain yang cukup tinggi.
4.      Giro BRI


Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) mengeluarkan produk giro dalam dua jenis, yaitu GiroBRI Rupiah, produk ini ditujukan untuk transaksi dalam mata uang rupiah dan GiroBRI Valas untuk mata uang asing.
5.      Fasilitas Kredit/Pinjaman Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Beberapa produk pinjaman di Bank BRI antara lain Pinjaman Mikro, Pinjaman Ritel, Pinjaan Menengah, Kredit Program, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
6.      Pinjaman Mikro BRI

Produk Pinjaman Mikro yang dikeluarkan oleh Bank BRI adalah KUPEDES, yaitu fasilitas kredit dengan bunga sangat ringan yang ditujukan untuk perorangan dan dapat dilayani di BRI Unit maupun Teras BRI.
7.      Pinjaman Ritel BRI

a.       Kredit Agunan Kas, yaitu produk pinjaman dengan jaminan uang kas (fully cash collateral).
b.      Kredit Investasi, yaitu fasilitas kredit jangka menengah dan jangka panjang untuk membiayai aktiva tetap perusahaan.
c.       Kredit Modal Kerja, produk yang ditawarkan kepada pelaku usaha untuk membiayai operasional perusahaan atau kegiatan usahanya.
d.      KMK Ekspor, fasilitas kredit yang ditujukan kepada nasabah yang mealakukan kegiatan usaha negosiasi wesel ekspor atau dikenal juga dengan istilah post ekspor financing. Fasilitas kredit ini juga bertujuan membiayai pembelian barang-barang untuk diekspor atau dikenal juga dengan istilah pre-ekspor financing.
e.      KMK Konstruksi, yaitu fasilitas kredit yang ditujukan untuk membiayai kegiatan usaha jasa konstruksi.
f.        KMK Konstruksi BO I, yaitu fasilitas kredit yang ditujukan untuk membiayai kegiatan usaha jasa konstruksi yang pembiayaannya bersumber dari APBN.
g.       Kredit BRIGuna, fasilitas kredit yang diberikan kepada nasabah yang memiliki penghasilan tetap dalam bentuk gaji atau pensiunan.
h.      Kredit Waralaba, yaitu fasilitas kredit untuk membiayai kegiatan usaha waralaba yang diberikan dalam bentuk modal kerja maupun investasi.
i.         Kredit SPBU, yaitu fasilitas kredit yang ditujukan untuk kegiatan usaha SPBU Pertamina, baik dalam bentuk modal kerja maupun investasi.
j.        Kredit Resi Gudang, yaitu salah satu produk kredit Bank BRI dengan jaminan Resi Gudang.
k.       Kredit Kepemilikan Gudang, yaitu fasilitas kredit investasi yang ditujukan untuk pemilik bangunan gudang untuk mendukung kegiatan usahanya.
l.         KMK Talangan SPBU, fasilitas kredit ini hampir sama dengan fasilitas Kredit SPBU
m.    Kredit Batubara, fasilitas kredit yang ditujukan untuk membiayai kegiatan penambangan batubara.
n.      Kredit Waralaba Alfamart, fasilitas kredit yang ditujukan untuk membiayai kegiatan usaha minimarket alfamart.
o.      Kredit Pola Angsuran Tetap, yaitu fasilitas kredit modal kerja dan investasi dengan pola angsuran tetap dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan.

8.      Produk Pinjaman Menengah Bank BRI

Produk pinjaman ini berupa kredit Agribisnis, yaitu fasilitas kredit yang diberikan untuk kegiatan pertanian dalam arti luas, baik untuk menunjang kegiatan on-farm maupun off-farm.
9.      Kredit Program Bank BRI

Kredit Program Bank BRI terdiri dari tiga jenis, yaitu KPEN-RP atau Kredit Pengembangan Energi Nabati & Revitalisasi Perkebunan; KKPE-Tebu atau Kredit Ketahanan Pangan & Energi untuk tanaman tebu; dan KKPE untuk tanaman pangan, hortikulturan, peternakan, perikanan, dan pengadaan alat dan mesin.
10.  KUR BRI

KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang dikeluarkan oleh Bank BRI yaitu KUR BRI dan KUR TKI BRI.
PRODUK-PRODUK LAIN BANK BRI
1.      Jasa Bank Garansi

Fasilitas ini merupakan bentuk jaminan yang diberikan oleh Bank BRI kepada rekanan nasabah. Rekanan nasabah atau pihak ketiga akan mendapatkan kepastian bahwa nasabah Bank BRI bersangkutan dapat memenuhi kewajibannya kepada pihak ketiga. Dalam menerbitkan Bank Garansi, Bank BRI tidak mengenakan biaya bunga.

Fasilitas Jasa Bank Garansi terdiri dari dua jenis, yaitu Bank Garansi Umum, diberikan kepada nasabah sebagai jaminan bahwa nasabah bersangkutan dapat memenuhi kewajibannya untuk melakukan pembayaran suatu produk, dan Bank Garansi Konstruksi yang diberikan kepada kontraktor yang terkait dengan kredit konstruksi.
2.       Jasa Kliring Bank BRI

Fasilitas ini merupakan proses penyampaian surat berharga kepada Bank Tertarik, hingga adanya pengesahan oleh Bank Tertarik melalui lembaga kliring, yang dinyatakan dalam mata uang rupiah.
3.       Remittance Bank BRI

Fasilitas ini merupakan bentuk layanan kepada nasabah yang akan melakukan pengiriman maupun penerimaan dalam bentuk valas, baik ditujukan kepada bank di dalam negeri maupun bank luar negeri.
4.       Jasa SKBDN BRI

Fasilitas ini merupakan bentuk jaminan pembayaran yang diajukan oleh pembeli untuk menjamin pembayaran produk kepada pihak penjual.
5.       Layanan Ekspor Bank BRI

Fasilitas ini merupakan bentuk pembiayaan ekspor berupa postshipment financing. Layanan ini diberikan dalam bentuk Negosiasi wesel ekspor sight dan Diskonto wesel ekspor berjangka.
6.       Layanan Impor Bank BRI

Fasilitas ini merupakan bentuk pembiayaan impor, berupa penyediaan fasilitas kredit impor. Produk layanan ini diberikan dalam bentuk Preshipment Import Financing dalam rangka penyediaan Penangguhan Jaminan Impor dan Postshipment Impor Financing dalam rangka penebusan dokumen impor.
Selain itu BRI sudah masuk kedalam Jaringan Prima dan Jaringan ATM Bersama. Itulah Produk dan layanan yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia, jika anda tertarik tunggu apalagi segera buka rekening BRI anda sekarang untuk mendapatkan semua kemudahan yang diberikan didalam produk, layanan, dan jasa BRI terima kasih.

Cara Membuka Rekening BRI

Membuka Rekening mungkin sudah bisa dikatakan perlu demi kemudahan dalam bertransaksi, baik itu saat jual beli, pengiriman uang, dan lainnya. Namun tidak dipungkiri banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara membuka tabungan / rekening sebuah Bank, apalagi untuk BRI, banyak masyarakat pedesaan yang ingin membuka rekening disana, karena kemudahan yang diberikan bagi kalangan mereka. Untuk itu kali ini saya akan member info bagaimana cara membuka rekening BRI bersama biaya administrasinya yang diperlukan, untuk lebih lengkapnya mari kita lihat petunjuknya berikut ini :


1.       Cari dan datang ke kantor cabang atau unit BRI terdekat di tempat anda, sambil membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) beserta fotocopy sebagai syarat.
2.       Ambil nomor antrian untuk tujuan ke Customer Service ( CS), jika tidak tahu dimana nomor antriannya bisa anda tanyakan kepada petugas satpam yang ada disana, lalu tunggu panggilan.
3.       Ketika nomor antrian kita di panggil, sampaikan pada CS kalau kita ingin membuka rekening tabungan baru, jangan lupa perkenalkan dulu nama anda ( lebih baik langsung mengenalkan diri dari pada di tanya nama duluan).
4.       CS BRI akan menerangkan produk tabungan yang tersedia. Silahkan dengarkan dan beri kesempatan dia menjalankan prodesurnya sebagai CS bank.
5.       Jika sudah, silahkan tanyakan jika ada yang kurang jelas, terutama soal fitur dan layanan. Kalau perlu tanyakan juga threshold saldo, di nominal  saldo berapa terjadi titik impas supaya bunga dapat menutup biaya administrasi bulanan.
6.       Jika sudah, silahkan pilih produk tabungan mana yang cocok untuk keperluan anda, maka cs bank akan memberikan formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi.
7.       Selanjutnya ikutin saja apa kata CS, jangan lupa berikan biaya administrasi yang diminta CS, tapi jangan lupa juga kalau mau mengaktifkan SMS banking, internet banking, minta tolong mengaktifkan Pin ATM bisa sekalian dilakukan sekarang supaya tidak bola-balik sudah selesai.

Bagaimana cukup mudah bukan ?? itulah cara membuat tabungan BRI semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, jadi untuk apa lagi ragu membuka rekening BRI. selamat menabung.